Pesantren Ramadhan 1444 H




Pada bulan suci Ramadhan tahun 1444 H ini, SDIT Cahaya Insani Parakan mengadakan berbagai program kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah Pesantren Ramadhan Siswa yang dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 27-29 Maret 2023 yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 1-6.

Kegiatan Pesantren Ramadhan Siswa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama Islam peserta didik dan ilmu pengetahuan yang didapat bisa dipraktik dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan ini, peserta didik mendapatkan berbagai materi keagamaan seperti fiqh puasa, ibadah-ibadah utama di bulan Ramadhan, makna silaturrahmi, zakat, infaq, sedekah, keutamaan mengkhatamkan Al Qur'an dan kisah Perang Badar yang terjadi di bulan Ramadhan. Metode penyampaian yang variatif, kreatif dan menyenangkan seperti diskusi kelompok, membuat peta konsep, bermain peran, dll menjadikan anak-anak bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Dengan memakai busana muslim, peserta didik mengikuti berbagai kegiatan yang dimulai dengan sholat Dhuha, berdzikir, tilawah Al Qur'an dilanjutkan dengan mendengarkan penyampaian materi dari ustadz dan ustadzah

Dengan kegiatan Pesantren Ramadhan Siswa juga diharapkan dapat mewujudkan salah satu profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

0 Komentar